IMPLEMENTASI KONSEP EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) LEARNING TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V MI NW SEGAET
Abstrak
Karakter merupakan cerminan diri seseorang dalam membentuk karakter perlu menerapkan nilai-nilai yang baik terutama terhadap karakter religius siswa MI dari beberapa siswa terdapat prilaku yang kurang baik. Prilaku yang peneliti maksud yaitu: masih ada siswa yang memanggil gurunya dengan suara lantang dan juga tidak jujur pada gurunya seperti izin pergi ke kamar mandi pada jam pelajaran tapi tidak kembali lagi setelah jam istirahat baru kembali ke kelas sehingga belum dapat dikatakan perilaku terpuji karena itu pentingnya menanamkan nilai-nilai yang baik untuk membentuk karakter religius siswa, terutama pada siswa MI dimana pemikirannya masih labil dan dengan cepat menerima perubahan pada zaman ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman implementasi konsep Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Learning terhadap karakter religius siswa kelas V MI NW segaet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep Emotional Spiritual Quotient (ESQ) learning terhadap karakter religius siswa kelas V relevan dengan pendidikan karakter yang ada di kelas V MI NW segaet, hal ini ditunjukkan bahwa terdapat pada 6 rukun Iman, 5 rukun Islam. Dalam konsep Emotional Spiritual Quotient (ESQ) diajarkan prinsip-prisip yang diambil dari rukun iman dan rukun islam adapun implementasi konsep Emotional Spiritual Quotient (ESQ) learning terhadap karakter religius siswa kelas V adapun beberapa cara penerapan konsep Emotional Spiritual Quootient (ESQ) seperti membiasakannya mengucapka salam kepada siapapun terutama ketika masuk kelas dan dibiasakan berdo’a sebelum mulai belajar dan sebelum pulang sekolah serta diajarkan agar selalu menghormati mematuhi orang tua dan guru, selalu berbuat baik pada setiap orang, peduli terhadap sesama dan lingkungan serta diajarkan agar berisikap sopan santun.
Referensi
Bakri, S. (2021). Penguatan Program Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Implementasikurikulum Bina Pribadi Islam (Bpi) Di Sdit Iqra’2 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).
Dainori, D. (2018). Implementasi Konsep Emotional And Spiritual Quotient (Esq) Dalam Membangun Pendidikan Akhlaq Remaja. Pelopor Pendidikan, 10(1), 59-66.
Ilhamuddin, I. (2021). Emosional Spiritual Qoutient (Esq) Dan Relevasinya Terhadap Tanggung Jawab Pendidik Pada Anak (Analisis Pandangan Ary Ginanjar Agustian Dan Abdullah Nasih Ulwan) (Doctoral dissertation, UIN FAS Bengkulu).
Islami, I. K., Smart, C. D., & Pai, P. M. P. P. A. I. Program Studi Pendidikan Agama Islam (Pai) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (Iiq) Jakarta 1440 H/2019 M.
Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77-102.
Ramdlani, M. F. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di SDN 5 Ampelgading Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Rofiq, M. (2020). Implementasi Nilai-nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah melalui Konsep ESQ Learning. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 139-157.
Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293-308.
Sulaiman, M., Al Hamdani, M. D., & Aziz, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (Esq) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(1), 77-110.
Surayya, R. (2018). Pendekatan kualitatif dalam penelitian kesehatan. AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75-83.
Wahab, F. (2019). Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Program Boarding School Di Smp It Abu Bakar Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##



