SIGNIFIKANSI INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0

  • Yusra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir M Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Emeliazola Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Abstract

Tujuan utama pendidikan Islam adalah untuk meningkatkan kecerdasan manusia dan memperdalam spiritualitas setiap individu. Dengan demikian, pendidikan berperan dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan adalah kurikulum, yang merupakan inti dari lembaga pendidikan. Kurikulum berfungsi mengatur sistem dan program pendidikan. Oleh karena itu, proses pembelajaran tidak akan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk bersaing dalam era revolusi industri 4.0 jika kurikulum tidak menghadirkan inovasi yang sesuai dengan tantangan tersebut. Menurut penelitian penulis, kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mampu menghadapi tantangan pendidikan di era industri 4.0 adalah kurikulum yang fleksibel dan responsif. Kurikulum ini harus mampu menghasilkan berbagai program yang mendukung kemampuan siswa untuk berpikir kritis, inovatif, berkolaborasi, dan memiliki wawasan global.

References

Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2024). The central role of the Quran in the development of the Islamic educational paradigm. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 9(1), 25–38.
Akhyar, M., Iswantir, M., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Strategi Adaptasi dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam di Era Digital 4.0. Instructional Development Journal, 7(1).
Aziz, A. (2022). Strategi Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 20–35. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.597
Gusli, R. A., Zaki, S., & Akhyar, M. (2023). Tantangan Guru terhadap Perkembangan Teknologi Agar Memanfaatkan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 229–240.
hadi, A. (2023). PENGEMBANGAN MANAGEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISTRUPSI. In Ilma Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 2). Universitas Islam Jakarta. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.536
Halim, A. (2021). Pendidikan Islam Multikultural dalam Prespektif Azyumardi Azra. In FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam (Vol. 13, Issue 1, pp. 139–157). LP2M Institut Agama Islam Al-Khairat. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.5081
Harimawan, H., Rahardjo, A. B., & Harianto, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Era Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 516–522. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.829
Indriyani, E. N. (2022). Profesionalitas Guru PAI dalam Menumbuh Kembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Era Merdeka Belajar di SD Negeri 086/X Harapan Makmur. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 35–49.
Sabaruddin, S. (2022). Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347
Sf, M. S. (2017). AL-QUR`AN SEBAGAI DASAR DAN SUMBER PENDIDIKAN. Progres: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 53–90.
Siti Rukhani. (2020). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii. Al-Athfal, 1(1), 21–41. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v1i1.381
Susyanto, B. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital. In Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 6, Issue 3, p. 692). Sekolah Tinggi Ilmu Qur an Amuntai. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1072
Wulan Cindriani, S. (2017). Implikasi dari AlQur’an Surat Ibrahim Ayat 24-26 terhadap Metode Perumpamaan terhadap Pembelajaran Aqidah. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 3(2), 269–274.
Zalmi, F., Murhayati, S., & Zaitun. (2022). Urgensi Pemahaman Konsep Inovasi Kurikulum Serta Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2), 170–180.
Published
2024-04-30
How to Cite
Yusra, Iswantir M, & Emeliazola. (2024). SIGNIFIKANSI INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 234-241. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v3i3.120