MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SMA NW MATARAM

  • Lalu Abdul Muhyi Abidin Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Hully Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Keywords: Manajemen, Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran

Abstract

Manajemen kepemimpinan kepala sekolah merupakan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola, mengatur, dan menggerakkan semua potensi dan sumber daya sekolah serta memfungsikan mereka sesuai dengan fungsi dan keahliannya secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran SMA NW Mataram. Metode penelitian yang digunakan  adalah  penelitian  kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan conclusion drawing. Keabsahan data dilakukan dengan melakukan observasi yang mendalam, memperpanjang  kehadiran peneliti, kecukuan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menengah atas ini, dengan  perencanaan  yang  matang, melakukan pengorganisasian dengan memanfaatkan dan memfungsikan semua sumber daya yang ada sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing secara maksimal, efektif dan efisien. Kemudian menggerakkan (actuating) dengan melakukan pemenuhan standar pendidik seperti kualifikasi pendidikan dan melakukan pengawasan (controlling) (untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan pembelajaran dilakukan dan memastikan terwujudnya pendidikan dan pembelajaran yang bermutu. Sedangkan kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan menggunakan kepemimpinan yang melayani dan demokratis yaitu kepemimpinan yang mengedepankan hati yang tulus, mengutamakan kebutuhan dan aspirasi bawahan serta kepentingan bersama dari pada kepentingan sendiri serta menghargai bawahannya

References

Damaris Y. Koli dkk, 2022, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Era Digitalisasi pada Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 6 Tahun 2022 Hal. 10249-10258. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4323
Effendy, Onong, 2013. Komunikasi dan Praktek. Bandung, Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo. Rosdakarya
Fatah, Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Hikmat. (2014). Manajemen Pendidikan. CV Pstaka Setia.
Hikmawati, N., & Hosnan, H. (2022). Timeline Of Curriculum Policy In Indonesia. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 6(1), 65–86. Https://Doi.Org/10.47766/Idarah.V6i1
John W. Creswell, 2007. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five approaches, 2nd ed. California: Sage Publication, Inc. Cunningham,
John M. Echols dkk. (2020). Kamus Inggris-Indonesia. Gema Insani.
Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif,. PT. Remaja Rosda Karya.
Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam-Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Erlangga: Malang, 2017
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: PT. Kalam Mulia, 2018.
Robbin dan Coulter, Manajemen -Edisi Kedelapan, Jakarta: PT Indeks, 2017
Robert K. Greenleaf, 1998, The Pawer of Servent Ledership, Berret-Koehler Publishers
Samuel C. Certo & S. Trevis Certo, 2012, Modern Management: Concepts and Skills, Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall, One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458
Sagala, S. (2020). Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta
Sendjaya, S., & Sarros, JC (2002). Kepemimpinan yang Melayani: Asal Usul, Perkembangan, dan Penerapannya dalam Organisasi. Jurnal Studi Kepemimpinan dan Organisasi, 9, 57-64.
Sondang, P. Siagian, Filsafah Administrasi, Jakarta : CV Masa Agung, 2020
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.
Sulistiorini, Manajemen Pendidikan Islam-Konsep-Strategi dan Aplikasi. (Teras: Yogyakarta, 2019.
Tim FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta, Manajemen Pendidikan, Muhamadiyah University Press, Surakarta, 201
Yenti Setiyowati, 2021, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Media manajemen pendidikan, Volume 3 No. 3 Februari 2021, hal. 351
Yukl G, Leadership in Organization, Kepemimpinan dalam Organisasi ( Edisi Bahasa Indonesia), Alih bahsa: Udayana ( Jakarta : Frentice Hall Inc, 1999
Published
2024-08-03
How to Cite
Lalu Abdul Muhyi Abidin, & Hully. (2024). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SMA NW MATARAM. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 193-202. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.162
Section
Articles