PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI

  • Muhammad Zakoni STAI Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa Besar
  • Muji Agus Sofiyandi STAI Nahdlatul Wathan Samamwa Sumbawa Besar NTB
  • Wahyuddin STAI Nahdlatul Wathan Samamwa Sumbawa Besar NTB

Abstract

Penelitian ini membahas metode pembelajaran diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan skema spiral dari hopkins menggunakaan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Sumberwaru Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis Pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Test dan Dokumentasi serta teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Pada pra siklus siswa yang tuntas berjumlah 8 orang dengan persentase ketuntasan 53.4%. Pada siklus I meningkat menjadi  63,4% dengan 19 siswa. Kemudian hasil siklus I masih belum mencapai KKM 70. Sehingga meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasannya sebesar  82,71%. Hasil tes siklus II tuntas 22 siswa dari total 24 siswa. Namun, terdapat 2 siswa yang belum tuntas sehingga diadakan remidial mencapai 100% dari 24 siswa

References

Anitah W, Sri dkk. 2012. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Askara

Hamdani, 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Najamudin, Helmi. "Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran PPKN." An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 1.1 (2021): 9-18.

Priatna, Tedi. 2014. Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Trianto, 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Zulkifli, Muh, Miftahul Jannah, and Komaruddin Komaruddin. "Strategi Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PAI di SMP IT Al-Baqiyatusshalihat NW Santong." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8.4 (2023): 2517-2525.

Zulkifli, Muh. "PENDIDIK DAN PROBLEM KELAS PADA JAM-JAM TERKHIR." al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1.3 (2020): 01-09.

Zulkifli, Muh. "Upaya Pendidik Dalam Menyikapi Peserta Didik Yang Mengalami Kesulitan Belajar (Studi Di Kelas III MI Syaikh Zainuddin NW Anjani Kec. Suralaga Kab. Lotim)." Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1.2 (2020): 18-32.

Published
2024-08-20
How to Cite
Muhammad Zakoni, Muji Agus Sofiyandi, & Wahyuddin. (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI . An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 226-246. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.171
Section
Articles