PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI UPTD SMPN 3 HARAU
Abstrak
Hasil belajar siswa yang belum maksimal disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hal ini membuat sebagian siswa tidak memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Time Token Arends terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di UPTD SMPN 3 Harau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimental desain atau eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif model pembelajaran tipe Time Token Arends terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di UPTD SMPN 3 Harau. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,000≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Time Token Arends berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPTD SMPN 3 Harau.
Referensi
Ariwibowo, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Time Token Arends terhadap keaktifan dan hasil belajar kelas X IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bangsal. JUPE, 316-320.
Ayuningtyas, A., Candra, M., & Murni, D. (2021). Time Token Arends technique on student's speaking skill: Any effect? Student Online Journal (SOJ) UMROH, 205.
Brito, S. M. (2019). Active learning: Beyond the future. London: IntechOpen.
Chairani, S. (2020). Efektivitas penggunaan metode Time Token Arends berbasis modul pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMP Al Hikmah tahun pelajaran 2020/2021. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Deswalantri. (2018). Hasil belajar dan sikap siswa laki-laki dan perempuan dalam meringkas teks dengan mind map. Humanisma: Journal of Gender Studies, 2(1). https://doi.org/10.24036/00117kons2019
Dewi, S. S., Acesta, A., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Time Token Arends terhadap keterampilan sosial peserta didik di kelas. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 43-56. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2859
Ernawati, S. D., Kurniawan, P. Y., & Ubaedillah. (2019). Keefektifan metode Time Token Arends dan mind mapping dalam menulis teks eksposisi. SEMANTIKA, 55-62. https://doi.org/10.46772/semantika.v1i1.82
Fahruddin, & Nasir, M. (2022). Penerapan metode Time Token Arends (TTA) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1-9. https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss1.80
Harahap, K. I., & Andrian, N. (2020). Improving students' speaking skill through Time Token Arends technique. MELT Journal, 114-128. https://doi.org/10.22303/melt.5.2.2020.114-128
Hartati, L., & Asista, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran Time Token Arends (TTA) terhadap kemampuan bertelepon dengan kalimat yang efektif siswa kelas VII SMP Negeri 44 Palembang. PENA LITERASI, 26-36. https://doi.org/10.24853/pl.5.1.26-36
Hasan, I. (2020). Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Imam, S. (2015). Jurnal Pendidikan Islam. Dosen Pendidikan Agama Islam FTK IAIN Raden Intan Lampung, 6.
Judanti, D. E. (2019). Penggunaan metode Time Token Arends terhadap keterampilan berbicara debat siswa kelas X MAN 1 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2018/2019. Banten: UIN Jakarta.
Lestari, E. S., Murwaningsih, T., & Subarno, A. (2020). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar administrasi umum melalui metode Time Token Arends kelas X OTKP. JIKAP, 30-39. https://doi.org/10.20961/jikap.v4i2.42110
Mardiani, I. (2019). Penggunaan model Time Token Arends sebagai upaya peningkatan hasil pembelajaran menyimak laporan perjalanan siswa kelas VIIA SMPN 1 Jelbuk Jember. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 424-435. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.370
Nisa, N. H. (2022). Peningkatan hasil belajar menulis cerita inspiratif melalui model pembelajaran Time Token Arends pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 1-14. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i4.367
Pratama, A. R. (2023). Implementasi metode brainstorming dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI SMA Negeri 4 Bukittinggi. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 120-130. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i1.1496
Pratama, A. R., & Latifa, M. (2024). Inovasi kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) dalam mendorong penanaman nilai-nilai kearifan lokal. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 145-152. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.160
Pratama, A. R., Aprison, W., Wati, S., Iswantir, M., & Irsyad, W. (2024). Pengaruh mind mapping terhadap berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 158-170. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14287
Setiawan, R. H. (2020). Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model Time Token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 78-85. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.259
Son, R. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 284-291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291
Susilowati. (2018). Penerapan model Time Token Arends untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKN siswa kelas IV SDN Tunjungtirto 02. AL-ADZKA, 1-15. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i1.2170
Zakir, S. (2021). Kajian konseptual hasil belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##