MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN PPKN

  • Helmi Najamudin Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
Kata Kunci: Group Investigation (GI), Keaktifan Belajar

Abstrak

Kualitas pendidikan akan baik apabila proses penyampaiannya dapat dipahami dan dimengerti siswa dengan tidak hanya menguasai materi pengetahuan saja akan tetapi mampu menggunakan pengetahuannya dalam kehidupan nyata yang memiliki keterkaitan dengan ilmu yang dimiliki, dengan permasalahan dalam penelitian ini rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas VIII A SMP Nasional Malang, yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), 2). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan subjek penelitian ini siswa kelas VIII A. Lokasi di SMP Nasional Malang dengan jumlah 27 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil menujukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)  ini mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifanbelajar pada pra tindakan rata-rata presentase keaktifan siswa sebesar 34,15%, meningkat di siklus I pertemuan pertama dengan presentase 39,91%, dan pertemuan kedua meningkat lagi sebesar 44,44%. Sedangkan siklus II pertemuan pertama dengan presentase 48,96%, dan meningkat pada pertemuan kedua dengan presentase sebesar 62,95%.

Referensi

Adawiah, R., & Qalimulya, A. W. (2015). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Pada Materi Ham Di Kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan Tahun Ajaran 2013/2014. 5, 16.

Aditya, R. R. C. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sungapan. 11.

Alpusari, M., & Marhadi, H. (2016). The Implementation Of Cooperative Learning Thype Group Investigation To Increase Learning Process In Science Lessons At Class V State Elementary School 034 Teluk Mega. 12.

Anas, Y., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2018). Application of Type Cooperative Learning Models Group Investigation (GI) in Improving Competence Learning Biology Student School. 6(2), 8.

Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah. Historia, 4(2), 131. https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.55

Hasan, S., Rakhman, M., & Ardiana, H. (2017). Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perawatan dan Perbaikan Sistem Refrigerasi. Innovation of Vocational Technology Education, 7(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v7i2.6293

Lubis, R. H. (2017). The Effect Of Cooperative Learning Model Group Investigation Against Student Learning Outcomes Physics Viewed From The Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 44. https://doi.org/10.22611/jpf.v6i1.6344

Najmina, N. (2017). Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Group Investigation dalam Mata Pelajaran PPKn. 6.

Nella, Muhsin, Prishardoyo. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Mengelola Kompetensi Personal Di SMK Negeri 1 Kudus (Studi pada Kelas X Pemasaran 3 Tahun Pelajaran 2011/2012).

Rahmawati, E. D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/20. (1), 6.

Sangadji, S. (2016). Implementation Of Cooperative Learning With Group Investigation Model To Improve Learning Achievement Of Vocational School Students In Indonesia. 6(1), 13.

Sari, N. M., & Eurika, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Apllication Of Group Investigation Learning Model To Improve Student Learning Outcome. 1, 13
Sinar, (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil
Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama. Tersedia [Online]:
https://books.google.com/ ( Diakses pada 14 Mei 2018 pukul 09:50)

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Theory Research and Practice. Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Dua

Sojayapan, C., & Khlaisang, J. (2018). The effect Of A Flipped Classroom With Online Group Investigation On Students’ Team Learning Ability. Kasetsart Journal of Social Sciences, S2452315117304629. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.02.003

Suparman, A. R. (2018). Penggunaan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Struktur dan Sifat-Sifat Atom.

Veristika, dkk (2012). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI)
Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok
Bahasan Mengelola Kompetensi Personal Di SMK Negeri 1 Kudus (Studi
Pada Kelas X Pemasaran 3 Tahun Pelajaran 2011/2012)

Wahyuni. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model
Group Investigation (GI) Pada Siswa kelas VI SDN Bandung, Wonosegoro.

Wijaya, F. A., & Wardani, K. W. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. 5, 11.

Wiyanti, E., Firdaus, M., & Sulaksono, H. (2019). Improving Physics Learning Outcome Through Cooperative Learning Model Of Group Investigation Type and Student Learning Motivation In SMAN 1 Pesanggaran-Banyuwangi. 10.

Yuanita, R., & Degeng, I. N. S. (2018). Application of Group Investigation Model to Increase Learning Outcomes of Elementary School Students. 1(1), 6.

Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 11. https://doi.org/10.30738/.v5i1.935
Diterbitkan
2021-08-20
Bagian
Articles