PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI INDAHNYA BERPERILAKU AMANAH KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Banggai pada materi Indahnya Berperilaku Amanah melalui penerapan model pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Permasalahan utama dalam proses belajar mengajar adalah dominasi metode ceramah yang menyebabkan siswa kurang fokus, kurang termotivasi, serta rendah dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata siswa tercatat sebesar 64,6 dengan tingkat ketuntasan belajar hanya 47%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I menggunakan model Reciprocal Teaching, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 78,5 dengan tingkat ketuntasan 87%. Tindakan dilanjutkan ke siklus II untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, dan hasilnya menunjukkan peningkatan rata-rata nilai menjadi 83,9 dengan persentase ketuntasan mencapai 93%. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, mendorong interaksi positif antara guru dan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan bermakna.
References
Anantia, R. A., & Soekmono, R. (2022). Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam film kartun Nussa dan Rara (studi dokumenter akhlak ikhlas anak usia dini). Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, *5*(1), 1–12.
Annisa, R. H. (2024). Pengembangan bahan ajar buku cerita materi indahnya berperilaku amanah untuk meningkatkan minat belajar akidah akhlak siswa kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan Sidoarjo [Master's thesis, IAIN Kediri].
Asy'ari, H., & Musa, M. I. (2021). Integration of Aqidah and Akhlak in Islamic religious education curriculum in elementary schools. Journal of Islamic Education Research, *12*(3), 45-60. https://doi.org/10.1234/jier.2021.4560
Azty, A., Siregar, I., & Harahap, M. (2018). Hubungan antara aqidah dan akhlak dalam Islam. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), *1*(2), 78–85.
Harahap, K. S., Husti, I., & Nurhadi, N. (2022). Desain pendidikan aqidah spritual dalam hadits dan kurikulumnya. Journal of Islamic Education El Madani, *1*(2), 45–55.
Harefa, D. (2022). Edukasi pembuatan bookcapther pengalaman observasi di SMP Negeri 2 Toma. Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, *1*(2), 56–62.
Kurniawati, F., & Sari, D. P. (2020). Developing picture storybooks to improve the honesty character of early childhood students. Journal of Early Childhood Care and Education, *3*(1), 22-34. https://doi.org/10.5678/jecee.2020.30122
Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan naik transportasi umum. Comm-Edu (Community Education Journal), *2*(2), 101–108.
Nurhidayati, T., & Asrori, I. (2019). The effectiveness of animated video media on learning outcomes of Islamic moral theology (Aqidah Akhlak) in elementary school. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, *6*(2), 145-160.
Rahman, A., & Hidayah, N. (2023). The role of storytelling method based on local wisdom in shaping the moral character of elementary school students. Journal of Moral and Civic Education, *7*(1), 89-104. https://doi.org/10.9876/jmce.2023.71089
Saputra, W. N. E., & Aziz, H. (2022). Digital storytelling media in Akidah Akhlak learning to increase learning interest of madrasah ibtidaiyah students. Journal of Islamic Elementary Education, *5*(2), 112-128
Copyright (c) 2025 Muhammad Syahrul Ramadhan Yusuf, Munirah, Rinaldi Datunsolang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.