MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SBDP DALAM MATERI SENI MUSIK MENGGUNAKAN METODE REWARD AND PUNISHMENT PADA SISWA KELAS V

  • Nangsi Sari Noho IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Munirah IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Sabrina Najib Mohamad IAIN Sultan Amai Gorontalo
Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran SBDP, Materi Seni Musik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar pada materi seni musik dengan menggunakan metode reward and punishment pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini kelas V di MI Al-Falah berjumlah 18 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hasil tes dan analisis hasil observasi. Hal ini ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada siklus I dan II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 11 orang siswa yang dikategorikan mencapai KKM dengan presentase 61% dan pada siklus II yang dikategorikan mencapai nilai KKM sebanyak 16 orang siswa dengan presentase 89%. Jadi KKM meningkat 39%. Hal ini dikarenakan pada siklus II siswa sudah mulai meningkat dalam proses pembelajaran, sebagian besar siswa sudah berani mengemukakan pendapat, ide ataupun gagasan di depan kelas tanpa rasa malu lagi. Maka hasil belajar siswa pada siklus II sudah mencapai nilai KKM atau indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan metode Reward And Punishment bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al-Falah Limboto Barat.

Referensi

Abdullah, A. R., & Rosyid, M. Z. (2020). Reward & punishment dalam pendidikan. Literasi Nusantara.

Budiarso, A. (2023). Efektivitas penggunaan reward dan punishment untuk meningkatkan keberhasilan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3.

Darmadi. (2017). Pengembangan model metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Deepublish CV Budi Utama.

Elfi Indriani, Desyandri, & Farida Mayar. (2023). Manfaat pembelajaran seni musik melalui lagu anak dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8

Nasrudin, F. (2019). Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SDN di sekolah binaan 02. Jurnal Pendidikan, 1(3)

Oktari, S. T., & Desyandri. (2017). Pembentukan karakter siswa di sekolah dasar melalui pendidikan seni musik. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9.

Suci, D. W. (2023). Penggunaan seni musik dalam mendukung perkembangan kognitif dan emosional siswa SD. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1.

Diterbitkan
2025-07-09
Bagian
Articles