PENGGUNAAN MEDIA MESIN PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMBAGIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 7 LIMBOTO
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi Pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Limboto materi Pembagian pada Mata Pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari dari penelitian ini yaitu kelas IV SDN 7 Limboto yang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hasil tes dan analisis hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Media Mesin Pembagian dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pembagian. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa 44,4% kategori “sangat kurang” dan siswa yang tidak tuntas 10 siswa 55,5%. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 83,3% kategori “baik”. Siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan tidak tuntas 3 siswa. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil jika sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75% dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan persentase 83,3% kategori “baik” maka, penelitian ini perlu dilanjutkan pada siklus berkutnya.
Referensi
Annisah, S. (2020). Alat peraga pembelajaran matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.
Aqib, Z. (2019). Penelitian tindakan kelas untuk guru. PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran (Edisi Revisi). Rajawali Pers.
Asnawi, & Nurdin, E. (2020). Pengaruh penggunaan alat peraga manipulatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1134–1140. https://doi.org/10.3100 4/basicedu.v4i4.50
Astuty, A., San, M., & Burhan, B. (2018). Ayo belajar matematika. CV Buana Raya.
Bray, A., & Tangney, B. (2017). Technology usage in mathematics education research – A systematic review of recent trends. Computers & Education, 114, 255–273. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.07.004
Dwi, S., & Yurida, S. (2019). Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning berbasis karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 37-48.
Johar, R. (2018). Alat peraga matematika (Manipulative for teaching mathematic). Jurnal MathEQ, 3(2), 88-95.
Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran. CV Jejak.
Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.34567
Sereliciouz. (2021, 8 Januari). Penelitian tindakan kelas (PTK) Zainal Aqib belajar [Halaman web]. Diakses 24 November 2023, dari [https://contohurl.com/ptk-zainal-aqib]
Syafarudin, & Dewi, U. E. (2023). Media pembelajaran (Dari masa konvensional hingga masa digital). Bening Media Publishing.
Ummah, S. K. (2021). Media pembelajaran matematika. Universitas Muhammadiyah Malang.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##